Senin, 30 Mei 2011

Tips Merawat Aki Kering dan Basah

Aki adalah salah satu komponen pada kendaraan roda dua yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Aki merupakan alat untuk menghimpun tenaga listrik pada kendaraan tersebut, jika Aki bermasalah dapat dipastikan kinerja dan peforma motor Anda akan terhambat.
Aki pada kendaraan bermotor di kenal dalam 2 jenis yaitu Aki basah dan Aki kering namun kelebihan atau  kekurangan kinerja dari kedua Aki tersebut tergantung dari pendapat pribadi sendiri tetapi justru perawatan lah yang harus menjadi penilaian atau perhatian khusus.
Jika ada motor mengalami gejala susah saat distarter pada saat ingin memanaskan mesin di pagi hari setelah semalaman tidak di nyalakan atau lampu depan sudah agak redup ketika motor di nyalakan, itu bisa ada bermasalah dengan  Aki motor.
Aki kering dan Aki basah sama gejalanya, berarti Aki mulai mendapat gejala-gejala rusak. Jika Anda merasa gejala tersebut ada pada motor Anda nah sepertinya anda harus benar-benar memberikan perhatian khusus untuk Aki Anda.
Perawatan aki bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus membawanya ke bengkel, untuk Aki basah perawatan yang harus dilakukan hanya mengontrol level ketinggian air aki dan menyiapkan air panas saja.
Perawatan untuk sendiri yaitu perbulan kita kontrol airnya, nanti dalam waktu tiga bulan atau empat bulan baru kita keluarkan air aki yang lama dan masukkkan air panas setelah itu kita kocok, jadi kotoran-kotoran di dalam aki akan keluar dan kita buang, ulangi dua kali atau sampai benar-benar bersih.
Setelah abis air dikeluarkan (sudah kering), lalu kita isi air aki  yang baru dan di cas kurang lebih 2 sampai 3 jam, tapi kalau ingin benar-benar bagus yatu waktunya 5 jam.
Sedangkan untuk Aki kering, perawatan yang dilakukan lebih mudah lagi tanpa harus di bersihkan, namun motor yang menggunakan Aki kering harus sering-sering di nyalakan.
kalau Aki kering perawatannya tidak ada, menurut saran saya motor dengan Aki kering harus rutin di pakai terus jangan sampai umpamanya berhenti seminggu, Aki akan lemah dan pengisian tidak akan stabil dan gampang mati, jadi kelebihan Aki kering simpel dan perawatan gampang.
Simpel dan sangat praktis bukan Jadi mulai sekarang berikan perhatian khusus untuk aki anda dan sekedar informasi tambahan biasanya umur penggunaan Aki kurang lebih 1 tahun.

http://solusimobil.com/index.php/200911171384/owners-guide/tips-a-trik/langkah-langkah-perawatan-aki-basah-dan-aki-kering-motor/menu-id-218.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar