Senin, 30 Mei 2011

Nangkul Mania




Tangkul adalah suatu benda berbentuk jaring persegi empat yang digunakan untuk menangkap ikan, dan terbuat dari bahan rajutan tali senar sehingga membentuk pola persegi empat yang biasanya memiliki ukuran lebar 2 x 2 meter persegi empat pada umunya, dengam memiliki empat sudut yang di topang dengan bilah bambu (panjangnya sama dengan lebarnya ukuran tangkul yang dipakai), keempat bilah tersebut bertemu pada titik pusat sehingga membentuk menyilang!

Ke empat ujung bila bambu dipasangkan pada ujung jaring tangkul, kemudian pangkal-pangkal bilah bambu tersebut dimasukan ke dalam dua buah bambu yang diatur dengan bentuk menyilang, setiap bambu panjangnya sekitar 30 cm, dan memilik dua lobang berlawanan tempat memasang pangkal bila. Setelah ke empat pangkal bilah sudah terpasang. Lalu ikatkan bambu menyilang yang menjadi pusat titik temu ke ujung bambu yang berukuran lebih panjang, yaitu bambu sebagai penopang dan pegangan tangkul tersebut!

 Setelah semuah terpasang dengan baik dan benar tangkul sudah siap digunakan! Sama dengan menggunakan pancing yaitu memiliki tongkat atau betang buat pegangan! Bedanya pancing diujungnyan hanya ada seutas tali senar yang diujungnya diikatkan kail dan umpan, kalau tangkul diujung batang pegangan diikatkan titik pusat bambu menyilang tempat dimana menjadi titik inti pangkal ke empat bilah bambu, yang setiap ujing bilah bambu tersebut dikaitkan ke empat sudut tangkul ( jaring persegi empat). Sehingga bulah bambu tetrsebut melengkung karena tertarik pada setiap sudut tangkul dan dipertemukan setiap pangkalnya pada tituk tengah! Dan membentuk sperti pondasi atap rumah!

Cara pemakaiannya lumayan mudah tapi bebanya lebih berat, cukup dengan menaruh tangkul ke dalam air tunggu minimal sekitar 5 menit di air yang tenang, kalau air yang mengalir menaruhnya cukup sebentar karena sang tangkul bisa terbawa arus! Setelah di taruh didalam air kemudian angkat tangkul secara perlahan-lahan! Tinggal lihat isi tangkul apakah ada ikan yang tertangkap atau sebaliknya????
 Mungkin bagi anda ini sangat mudah untuk dilakukan, anda SALAH, tidak mudah untuk mengendalikannya apalagi di air yang mengalir terlambat sedikit ikan didalam tangkul akan melompat! Belum lagi dengan beban tangkul yang lumayan bera!

Ga percaya coba saja, karena saya sudah pernah mencobanya sendiri! Poto ini saya ambil di waduk samping STIK Siti Khodijah Palembang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar